Berbagai Macam Kegunaan Voucher Untuk Promosi

Ada berbagai macam kegunaan voucher, baik untuk penjual maupun bagi konsumen. Voucher adalah alat penukaran yang bernilai tertentu dan biasanya hanya berlaku di suatu tempat dan dalam jangka waktu tertentu. Alat ini biasanya berupa selebaran seperti kertas, tetapi sekarang ini juga sudah ada yang berbentuk digital.

Selain itu, kegunaan voucher lainnya adalah untuk berbelanja harian, mingguan, bahkan bulanan, dapat juga digunakan untuk memberi diskon atau pemotongan harga, dan ada juga yang menggunakannya untuk memberikan hadiah tertentu sebagai cara follow up customer. Dalam penggunaannya, misalnya untuk metode pembayaran, harus sesuai nominal dan dalam waktu yang masih berlaku yang sudah ditentukan, jika tidak sesuai maka dianggap kadaluwarsa atau sudah tidak berlaku.

Kegunaan Voucher Sebagai Alat Promosi

Bukan hanya sekedar alat penukaran, kegunaan voucher lainnya adalah sebagai alat media promosi barang ataupun jasa. Biasanya diberikan kepada pelanggan sebagai bonus maupun hadiah, kemudian dapat ditukarkan dengan barang atau jasa yang ditawarkan, sesuai nilai yang tertera. Voucher dapat berupa voucher belanja, yang sudah ditetapkan nilai nominalnya, terlepas dari berapapun total transaksinya, atau voucher diskon, sebagai pemotongan harga sekian persen dari total transaksinya.

Voucher dapat diberikan kepada pelanggan lama, sebagai bentuk apresiasi kepada kesetiaan pelanggannya. Dan dapat membuat hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dekat. Voucher juga dapat dimanfaatkan untuk menarik konsumen baru, misalnya jika dibagikan secara cuma-cuma dan ada orang yang belum pernah menjadi konsumen mendapatkan voucher tersebut. Oleh karena itu, voucher cukup diminati oleh penjual sebagai bagian dari strategi promosi produknya.

Baca juga: Sudah Tau? Ini 5 Manfaat Mug Untuk Promosi Bisnis Anda!

Mendorong Pembelian Lebih Besar Dari Konsumen

Bagi sebagian besar orang, berbelanja menggunakan voucher merupakan pengalaman yang menyenangkan, mereka juga akan mempertimbangkan untuk lebih memilih tempat berbelanja yang dapat menggunakan voucher yang dimiliki daripada ke tempat lainnya. Dan setelah memilih tempat berbelanja dengan vouchernya akan dapat mendorong untuk pembelian produk lain yang bahkan lebih besar. Misalnya voucher minuman gratis di sebuah restoran, akan mendorong pengunjung untuk membeli makanannya juga.

Mengontrol Biaya Promosi

Dalam penggunaannya, Anda harus menetapkan nilai nominal pada voucher tersebut, dan konsumen hanya dapat menggunakan tarif atau diskon yang sudah ditetapkan. Dan juga harus memperhitungkan seberapa biaya yang harus dikeluarkan, dari seberapa pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen. Tentu saja dalam penggunaannya harus dibatasi karena sebagai pengganti uang tunai.

Baca juga: Mengenal Jenis Kertas Untuk Cetak Offset Dan Digital Printing

Syarat Dan Ketentuan Dalam Voucher

Sangat penting untuk mencantumkan syarat dan ketentuan pada voucher, seperti mencantumkan tanggal berlaku, nilai nominal, cara penukaran, dan sebagainya. Karena pelanggan tidak akan menghargai jika merasa tertipu. Jadi lebih baik memberikan penjelasan dari awal tentang syarat dan ketentuannya, untuk mencegah kesalahpahaman atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Dengan berbagai macam kegunaan voucher, diharapkan dapat menguntungkan satu sama lain antara penjual dan konsumen. Sehingga konsumen terus berlangganan dan tidak teralihkan ke penjual lain.

Exit mobile version