Fungsi Manual Book Yang Penting Pada Penjualan Produk

Manual Book adalah buku panduan untuk menyampaikan informasi yang berguna kepada konsumen. Hampir semua produk yang menggunakan teknologi baru seperti kendaraan, peralatan rumah tangga dan perangkat komputer dibekali manual book. Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Oleh karena itu, penjual diharapkan menyertakan buku panduan ini dalam satu paket penjualan.

Manual book pada umumnya berbentuk lembaran atau booklet sederhana, seringkali multi bahasa sehingga produk dapat dijual di banyak pasar yang berbeda. Kadang beberapa manual book disediakan bersama sejumlah produk dalam satu paket, sehingga akan berisi informasi sesuai dengan bagian yang terkait dari model atau produk tertentu.

Seberapa Penting Manual Book Dalam Produk?

Manual book membantu orang-orang non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, kita dapat membuka manual book terlebih dahulu sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke ahlinya.

Manual book bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada pengguna atas pertanyaan yang tentang produk tertentu. Pengguna yang mencari informasi tidak ingin tahu tentang fitur terbaru dan terhebat dari suatu produk. Namun ingin tahu cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya.

Baca juga: Apa Manfaat Dari Memiliki Buku Agenda?

Fungsi Manual Book

Apakah Anda membaca dari awal sampai akhir atau keseluruhan manual book? Mungkin tidak. Namun melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, Anda mungkin milhat halaman sekilas terlebih dahulu untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.

Tidak ada yang mau membaca keseluruhan. Tidak ada yang membaca manual book dari depan ke belakang dengan menikmati setiap kata dan frasa. Dokumen teknis bukan novel fiksi. Pengguna ingin manual book untuk menjawab pertanyaan mereka dengan cepat sehingga mereka dapat kembali ke permasalahan yang sedang dihadapi. Inilah fungsi manual book dan alasan mengapa manual book sangat diperlukan untuk disertakan dalam penjualan sebuah produk.

Informasi dalam Manual Book

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait. Misalnya dalam software aplikasi komputer, biasanya terdapat screenshot tampilan interface. Sedangkan dalam hardware, sering dengan menyertakan gambar ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiens yang dituju, dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

Isi manual book biasanya terdapat informasi seperti berikut :

Panduan Keselamatan

Manual book harus memuat informasi petunjuk langkah demi langkah dan informasi konseptual yang dibutuhkan pengguna untuk pengoperasiannya. Terutama bagi produk yang ditaruh di rumah atau di tempat kerja. Perlu diberikan informasi dan peringatan terhadap peggunaan, ini untuk alasan keamanan dan keselamatan terhadap pengguna dan tempat sekitarnya secara keseluruhan.

Panduan Instalasi

Supaya lebih mudah dalam pengiriman, sering produk dikirim dalam bagian-bagian terpisah dan harus dipasang sendiri. Untuk alasan itu, perlu intruksi instalasi supaya pelanggan dapat memasangnya dengan benar.

Manual book memberikan informasi dan petunjuk yang diperlukan untuk instalasi produk. Mencakup informasi tertulis dan gambar ilustrasi untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas yang terkait dengan produk.

Identifikasi Masalah

Manual book membantu mengatasi masalah pelanggan hanya dengan memberi tahu cara untuk memahami dan mengidentifikasi masalah teknis yang sering terjadi sendiri. Pada saat yang sama, manual book membuat pelanggan merasa dihargai dan merasa terbantu untuk mengatasi masalah produk tersebut.

Instruksi Pengaturan

Manual pengguna yang baik harus menjawab apa dan bagaimana terkait penggunaan produk. Harus berisi informasi tentang apa yang terjadi jika suatu pekerjaan tidak dilakukan dengan benar.

Dalam beberapa kasus, suatu produk dapat ditujukan untuk digunakan oleh berbagai pengguna. Misalnya pemasang, operator, dan teknisi. Setiap jenis pengguna tersebut memerlukan pendekatan yang berbeda sesuai pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itu, informasi pengaturan bagi masing-masing pengguna pun harus disesuaikan.

Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah

Untuk saat produk yang tidak berfungsi seperti apa yang diharapkan. Manual book dapat menerjemahkan ke bahasa pelanggan yang mudah dipahami. Mereka sangat penting dalam bidang teknis. Terutama bagi produk perangkat komputer, sistem TI, dan barang elektronik.

Lokasi Pusat Layanan

Bila masalah yang terjadi sangat rumit, maka memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrik. Oleh karena itu, hal ini sering dicantumkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki pendukung teknisi di setiap wilayah.

Spesifikasi Umum Produk

Spesifikasi umum yang dimiliki produk biasanya dicantumkan. Sering juga memberikan detail fungsi setiap fitur yang dimiliki.

Informasi Garansi

Garansi adalah surat keterangan produk bila pihak produsen menjamin produk dalam jangka waktu tertentu. Bila produk memilikinya, biasanya disediakan dalam lembar terpisah.

Manual Book Selain Buku

Dengan meningkatnya perkembangan perangkat modern, banyak manual book disediakan terpisah. Beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD/DVD untuk mengurangi biaya produksi. Karena pelanggan dianggap sudah memiliki komputer yang dapat membuka CD/DVD. Tren lain adalah menyediakan petunjuk melalui video penggunaan produk dengan manual booknya sekaligus. Banyak pula yang menawarkan dalam bentuk file berformat PDF yang dapat diakses atau diunduh secara gratis dari situs web mereka.

Exit mobile version