Mengenal Berbagai Jenis Bahan ID Card Terbaik Buat Bisnismu!

Di dalam lingkungan kerja atau sebuah acara, ID Card berfungsi sebagai tanda bahwa orang tersebut menjadi salah satu bagian dari unit kelompok tersebut. Informasi tentang nama dan jabatan dapat Anda lihat dengan mudah tanpa harus melalui perkenalan terlebih dahulu. Namun, tahukah Anda jenis bahan ID Card yang biasa dipakai oleh para pekerja itu berbeda-beda? Untuk mendapatkan ID Card terbaik, penting bagi Anda untuk memahami jenis-jenis tersebut dan karakteristiknya.

Terdapat dua jenis bahan ID Card yang umum digunakan, yakni ID Card berbahan PVC dan Art Paper. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing dari segi kualitas. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan terkait bahan ID Card secara lengkap.

Bahan Art Paper

Art paper adalah salah satu jenis bahan yang memiliki tekstur mengkilap dan terlihat elegan (laminacy glossy). Jenis kertas Art paper memiliki beberapa varian berat, yaitu gramatur 150, 120, 100, dan 85 gram. Selain menentukan berat kertas, berat gramatur juga menentukan tebal tipisnya suatu kertas. 

Kelebihan dari art paper adalah hasil cetakan terlihat lebih cerah. Hal ini dikarenakan efek laminacy glossy yang menyelimuti bagiannya. Karakteristik pori-pori kertas yang kecil dan rapat sangat menunjang hasil cetakan art paper menjadi lebih halus dan terlihat sempurna. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas art paper ini karena kertas kedap air dan cahaya matahari. Untuk itu, ketahanan paper art tidak perlu diragukan lagi. 

Di sisi lain, art paper juga dapat digunakan pada berbagai jenis printer keluaran Epson mau pun Toner yang memakai tinta berjenis pigmen. Tentu saja dua jenis printer ini akan menunjang pencetakan ID Card Anda dengan kualitas terbaik. 

Baca juga: Hayo Udah Tau? Mengenal Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

Polyvinyl Choloride/PVC

Jenis bahan lainnya yang dapat digunakan untuk pembuatan ID Card adalah jenis PVC. Kertas PVC biasanya digunakan untuk pembuatan kartu ATM, KTP, SIM, dan tanda pengenal lainnya. Keunikan PVC terdapat pada tampilan mengkilap pada kedua sisi, yaitu di sisi depan dan belakang. Karakteristik ini memberikan tekstur yang lebih kaku dan kesan tegas pada hasil cetakan dan sisi-sisi PVC. Dengan menggunakan bahan ini, Anda pun dapat menambahkan barcode jika memang diperlukan. 

Kelebihan PVC tidak berhenti di sini. Jenis bahan ID Card PVC ini terbuat dari plastik sehingga sangat sedikit kemungkinan tinta luntur apabila terkena air. Maka dari itu, untuk daya tahan dapat bertahan bertahun-tahun. Selain itu, ID Card dari PVC juga tidak mudah patah dan terlihat lebih rapi. Anda tidak perlu kerja dua kali untuk melaminatingnya agar tidak mudah rusak karena PVC memiliki high quality.


Yang Perlu Diperhatikan dari Memilih Bahan ID Card

Setelah mengetahui tentang jenis bahan ID Card, selanjutnya Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membuat ID Card agar tidak kecewa dan merasa rugi karena salah memilih bahan. Untuk itu, perhatikan hal-hal ini, ya!

Kualitas bahan

ID Card berbahan art paper terbuat dari kertas dan terdapat kemungkinan untuk sobek. Pun hasil cetakan akan mudah luntur apabila terkena air meskipun sudah dilamanasi. Sedangkan ID Card berbahan PVC tidak memiliki kemungkinan-kemungkinan tersebut, karena terbuat dari bahan dasar plastik yang memiliki tekstur yang kaku dan tebal. 

Harga

Dilihat dari kualitas bahan, PVC memiliki kualitas yang lebih baik daripada art paper. Hal ini tentu sangat memengaruhi harga. Untuk itu, tak mengherankan jika harga ID Card berbahan PVC cenderung lebih mahal daripada yang berbahan art paper. Faktor lain yang memengaruhi perbedaan harga adalah bahan dasar art paper yang lebih murah daripada PVC. 

Kegunaan

Pastikan berapa lama ID Card yang dibuat akan digunakan . Apabila Anda membuat ID Card untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sementara, lebih baik menggunakan ID Card berbahan art paper. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan ID Card untuk kepentingan jangka panjang dalam suatu pekerjaan, lebih baik menggunakan ID Card berbahan PVC. 

Praktis

Dalam konteks ini, PVC lebih unggul daripada Art paper. Ini dikarenakan Anda tidak perlu memberikan perlindungan kembali dengan menggunakan laminating. Dengan bahan dasar PVC, ID Card Anda akan aman dan ketahanannya bertahan lama

Itulah pembahasan lengkap terkait jenis bahan ID Card yang perlu Anda ketahui dan beberapa kemungkinan yang penting pula untuk dipertimbangkan. Kini, Anda dapat menentukan ID Card berbahan apa yang harus Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat bekerja atau melaksanakan kegiatan dengan nyaman serta mudah mengenali rekan-rekan kerja Anda. 

Exit mobile version