Sudah Kenal Jenis Kertas Buffalo Warna Warni Ini? Simak!

Di dalam usaha seperti percetakan, foto copy, tempat print, toko buku, toko kertas, dan lainnya ada banyak jenis – jenis kertas yang pastinya harus disediakan demi memenuhi permintaan konsumen yang datang untuk membelinya, tidak hanya 3-4 jenis kertas yang harus di sediakan dikarenakan banyak jenis nya customer yang datang seperti pelajar sekolah, mahasiswa atau mahasiswi, pegawai kantor, dan masih banyak lagi yang pastinya diantara mereka akan ada yang membutuhkan jenis kertas tertentu yang sedang di cari. Salah satu kertas yang harus ada untuk disediakan adalah jenis kertas buffalo. Kertas jenis ini paling banyak dicari orang karena fungsi nya yang cukup banyak, selain kertas jenis HVS, jenis kertas buffalo ini bisa dibilang kertas paling populer urutan no. 2 yang dicari oleh banyak orang. Berikut dibawah ini adalah artikel mengenai penjelasan tentang kertas jenis buffalo ini.

Pengertian Dari Jenis Kertas Buffalo

Kertas buffalo adalah jenis kertas yang memiliki ciri bertekstur kasar di bagian kertasnya seperti ada serat kayu yang bisa di pegang dengan jelas dan dapat dilihat secara kasat oleh mata, kertas ini terbuat dari proses daur ulang kertas oleh karena itu kertas jenis satu ini juga masuk dalam kategori yang ramah lingkungan.

Disamping sifat dari kertas buffalo yang ramah lingkungan, rupa dari kertas satu ini juga memiliki banyak sekali pilihan warna, oleh karena itu kita dapat mencari warna dari kertas ini yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Karakteristik Dari Jenis Kertas Buffalo

Salah satu karakteristik yang dapat dikenali dari kertas jenis ini adalah kertasnya yang bertekstur kasar dan tekstur tersebut dapat dilihat dengan sangat jelas oleh mata, lain dari pada itu kertas yang satu ini juga memiliki ketebalan yang lebih tebal di bandingkan dengan kertas lainnya, dikarenakan kertas ini banyak di gunakan sebagai bahan untuk menjilid tugas sekolah, atau sebagai bahan utama dalam pembuatan hard cover. Ketebalan dari kertas ini beragam yaitu mulai dari yang paling tipis 150gr sampai dengan yang paling tebal yaitu 250gr. Masih adalagi beragam jenis ketebalan nya yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga: Jenis Kertas Sertifikat Yang Paling Sering Digunakan

Ukuran Pada Jenis Kertas Buffalo

Kertas buffalo tidak hanya memiliki satu ukuran kertas, kertas satu ini juga banyak memiliki ukuran tertentu, kamu bisa memilih ukuran kertas nya sesuai dengan yang kamu perlukan, namun pada umumnya kertas jenis ini yang lebih banyak dijual di toko – toko adalah dalam bentuk ukuran A4, A3 atau F4.

Akan tetapi jika kalian membutuhkan kertas buffalo dengan ukuran yang tidak ada dijual dipasaran atau di toko – toko, kalian dapat membeli kertas ini dengan ukuran plano, membeli kertas buffalo dalam ukuran plano juga menjadi rekomen bagi kalian yang ingin menyesuaikan ukuran dari kertas tersebut sendiri, atau ingin menentukan ingin di potong menjadi berapa bagian dari kertas tersebut.

Harga Kertas Buffalo Pada Umumnya

Apabila menanyakan soal harga kertas ini, jawabannya tergantung berapa banyak kebutuhan kertas jenis ini yang akan anda beli, umumnya jika Anda membeli eceran (satuan) yang dijual di foto copy an atau di toko buku atau di toko alat tulis kantor maka anda akan mendapatkan harga mulai dari 500-1000 / lembar buffalo nya, namun apabila kalian langsung ingin membeli dalam packingan banyak kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah mulai dari 30.000 sampai dengan 50.000 tergantung jenis ukuran yang kalian pilih. 1 pack biasanya berisi 100 lembar kertas.

Atau bisa juga jika Anda ingin membelinya dalam bentuk masih utuh atau plano, akan lebih murah jika membeli kertas jenis ini dalam bentuk plano apabila mempunyai mesin potong sendiri. Jika tidak mempunyai mesin potong pun tidak masalah, Anda dapat menggunakan jasa potong kertas oleh finishing yang ada dipercetakan.

Warna Yang Terdapat Pada Kertas Buffalo

Warna – warna yang terdapat pada kertas buffalo beragam pilihannya, seperti merah, kuning, hijau, ungu, biru, orange, pink, putih, dan masih banyak lagi opsi pilihan warna nya. Pilihlah warna yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat memberi kesan indah pada projek yang Anda lakukan.

Baca juga: Memahami Psikologi Warna Dalam Dunia Desain

Sekian artikel pembahasan mengenai kertas buffalo, sekiranya dapat membantu untuk mengenali lagi lebih jauh tentang jenis kertas satu ini dan menambah pengetahuan bagi para pembaca artikel ini.

Exit mobile version