Sudah Tau? Ini Jenis Media Promosi Cetak Untuk Bisnis Anda

Berikut jenis media promosi cetak untuk Indoor dan Outdoor. Promosi merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh siapapun baik perusahaan, sales, pedagang dan masih banyak lainnya. Promosi bisa dilakukan kapanpun dan bisa indoor maupun outdoor. Tentunya pada saat melakukan promosi indoor dan outdoor, kita harus bisa menentukan media yang tepat karena kedua promosi tersebut tempatnya sangat berbeda.

5 Jenis Media Indoor dan Outdoor

Apakah Anda sudah pernah menggunakan media promosi cetak? Pastinya Anda pernah membuatnya untuk digunakan sebagai bahan promosi. Sayangnya banyak yang belum mengerti tentang cara memilih media promosi dengan tepat sehingga kurang menarik perhatian masyarakat.

Promosi bisa dilakukan secara indoor dan outdoor jadi media promosinya juga harus dibedakan antara kedua tempat tersebut, namun ada juga media promosi berupa cetak yang dapat digunakan untuk kedua tempat itu. Berikut ini merupakan media promosi yang bisa Anda gunakan.

1. Poster

Media cetak poster bisa digunakan untuk promosi di tempat umum baik diluar maupun dalam ruangan. Poster adalah media yang digunakan untuk sarana komunikasi, ukuran poster ada yang kecil, sedang dan besar. Lebih baik membuat desain poster dengan ukuran besar agar mudah terlihat oleh masyarakat dan pesan yang di dalam poster dapat diinformasikan secara jelas kepada pembacanya.

2. Brosur

Brosur merupakan media promosi yang memiliki kesamaan dengan pamflet. Jenis media promosi cetak brosur juga sering digunakan. Biasanya orang menggunakannya untuk promosi diluar ruangan tetapi media ini juga bisa untuk promosi dalam ruangan. Bila kita melihat dibeberapa perusahaan biasanya menempatkan beberapa brosur di meja untuk baca oleh para tamu perusahaan sesuai dengan jenis dan ukuran brosurnya.

3. Katalog

Katalog merupakan sebuah buku yang berisi tentang deskripsi produk yang dijual oleh perusahaan. Media promosi ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan karena dapat menampilkan beragam informasi. Media ini bisa digunakan baik untuk indoor maupun outdoor. Jelas sekali para pembaca akan tertarik membaca catalog ini karena didalamnya memiliki gambar dan uraian produk yang sangat lengkap.

4. Iklan Media Massa

Promosi produk juga bisa dilakukan dengan menempatkannya diiklan media massa. Berbagai macam pilihan iklan media massa seperti tabloid, koran, majalah, surat kabar dan lainnya bisa Anda gunakan. Media promosi menggunakan iklan tersebut akan berpeluang besar produk Anda laku dipasaran, karena banyak sekali orang yang membaca iklan tersebut dan kemungkinan akan tertarik untuk membelinya.

5. Kartu Nama

Kartu nama merupakan salah satu media promosi cetak yang memberikan informasi nama seseorang dan bisa juga nama perusahaan. Media ini sering digunakan oleh para pebisnis, pengusaha, dokter dan masih banyak lagi lainnya. Bila Anda ingin mempromosikan diri Anda beserta pekerjaan yang ditekuni saat ini, maka buat saja kartu nama. Berikan kartu nama tersebut untuk orang yang Anda temui.

Baca juga: Agar Terlihat Profesional, Ikuti 6 Etika Bertukar Kartu Nama Ini!

Berbagai macam media promosi cetak yang digunakan untuk indoor dan outdoor di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan serta keinginan. Media promosi cetak tersebut dibuat sesuai dengan jenis pemasaran produk atau kepentingan lainnya yang Anda lakukan jadi pemilihannya harus tepat.

Keunggulan Media Promosi Cetak

Media promosi berupa cetak masih sering digunakan oleh perusahaan, pedagang dan lainnya. Mengapa mereka masih memilih promosi cetak sedangkan promosi online lebih praktis dan jangkauannya lebih luas? Hal itu dikarenakan media promosi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Adapun promosi yang dilakukan secara online belum tentu dibaca dengan jelas oleh pembacanya sedangkan media promosi berupa cetakan pasti mudah dipahami.

Keunggulan menggunakan promosi cetak yaitu semua orang dapat membacanya bahkan orang yang tidak mengetahui dunia internet masih bisa membaca informasi yang Anda berikut, Media promosi juga dapat membawakan pelanggan dalam jumlah banyak secara langsung yang dekat dengan wilayah usaha Anda, dapat membuat orang lebih tertarik terhadap produk yang ditawarkan sehingga memutuskan untuk membelinya.

Keuntungan media promosi cetakan di atas pastinya membuat Anda ingin melakukan promosi tersebut. Lakukan saja walau promosi dengan menggunakan media tersebut agak mahal tetapi hasilnya sangat bagus untuk menggaet para pelanggan. Anda bisa menggunakan promosi online maupun cetak sesuai dengan keinginan dan keperluan usaha. Pastikan dalam memilih media promosinya harus tepat agar informasinya dapat disampaikan dengan jelas.

Exit mobile version