Teknik dan Jenis-Jenis Tinta untuk Cetak Produk Grafika

Ketika terjun dalam bisnis industri grafika, Anda akan menemukan berbagai macam produk yang dicetak berbagai teknik. Masing-masing teknik cetak ini membutuhkan jenis tinta yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu belajar tentang jenis-jenis tinta untuk cetak produk grafika yang tepat sesuai teknik cetaknya.

Untuk memahami lebih jauh tentang produk grafika dan tinta yang digunakan, Anda dapat membaca informasi lengkapnya di artikel ini.

Produk dan Teknik Cetak Grafika

Grafika merupakan salah satu teknik menyampaikan informasi atau pesan ke pada orang lain menggunakan bidang datar. Informasi tersebut bisa gambar, grafik, tulisan, maupun angka. Dari pengertian grafika tersebut dapat disimpulkan bahwa industri grafika merupakan industri yang bergerak di bidang pencetakan produk grafika.

Baca juga: Penting, Begini Cara Agar Warna Cetak Tetap Konsisten!

Macam-Macam Produk Grafika

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebenarnya sering bersinggungan dengan produk grafika. Namun, sebagian besar orang mungkin tidak menyadarinya. Berikut beberapa produk grafika di sekitar kita:

Koran

Koran merupakan salah satu produk grafika dengan media kertas yang paling mudah ditemukan beberapa waktu silam. Produk grafika ini dicetak menggunakan cetakan daftar offset. Seiring perkembangan teknologi, karya grafika ini mulai ditinggalkan dan beralih ke media online.

Kaos

Media cetak satu ini seringnya digunakan untuk karya grafika berupa gambar. Informasi yang dikemas dalam bentuk gambar tersebut kemudian dicetak menjadi kaos dengan teknik sablon. Hingga saat ini penggunaan media cetak kaos dalam karya grafika masih cukup tinggi. Karena lebih indah dan memiliki daya tarik tersendiri.

Kemasan Makanan

Produk grafika selanjutnya adalah kemasan makanan. Selain untuk melindungi dan memberikan informasi, tujuan penerapan karya grafika pada produk makanan ini tentu juga untuk menarik konsumen. Grafika dalam kemasan makanan ini dicetak menggunakan digital printing.

Poster

Poster merupakan karya grafika yang banyak digunakan dalam menyampaikan berbagai jenis informasi. Mulai dari media promosi, pemberitahuan, peringatan, hingga pembelajaran. Perpaduan tulisan dan gambar berwarna menjadi daya tarik dari karya grafika ini. Pada zaman dahulu, poster dibuat pada tembok atau panel kayu. Sekarang, poster dibuat menggunakan teknik digital printing.

Kartu Ucapan

Satu lagi karya grafika yang dicetak dengan digital printing, yaitu kartu ucapan. Meski penggunaannya saat ini tidak sepopuler dulu, karya grafika ini tetap menarik dan meninggalkan kesan tersendiri bagi penerimanya.

Iklan

Karya grafika yang digunakan untuk menyampaikan informasi promosi ini dulunya dicetak dalam koran atau majalah. Seiring perkembangan teknologi, media cetak iklan bergeser menjadi cetak digital berupa iklan televisi atau billboard.

5 Teknik Cetak Produk Grafika

Berikut teknik cetak yang digunakan dalam membuat produk-produk grafika di atas:

Cetak Tinggi (Woodcut)

Merupakan teknik cetak karya grafika dengan hasil yang tampak timbul, sehingga sering disebut sebagai cetak timbul. Teknik ini juga disebut sebagai teknik cungkil, karena proses pembuatannya memang dengan cara dicungkil. Umumnya teknik cetak grafika ini menggunakan media kayu, triplek, hardboard, metal, atau karet.

Cetak Saring (Silkscreen)

Teknik ini juga dikenal sebagai cetak sablon yang sering digunakan pada produk grafika kaos. Dalam menggunakan cetak saring ini, Anda membutuhkan cetakan dari kasa (screen) yang bertekstur elastis dan halus.

Cetak Datar (Lithography)

Merupakan teknik cetak pada bidang acuan permukaan datar yang memiliki dua lapisan. Salah satu lapisan tersebut dapat mengikat tinta, sedangkan lapisan lainnya tidak mengikat tinta. Salah satu karya grafika cetak datar adalah tulisan pada lempengan batu kapur yang bisa menghisap tinta.

Cetak Dalam

Cetak dalam atau intaglio merupakan teknik cetak dengan menggores benda tumpul pada media cetak. Teknik cetak ini seringnya menggunakan media logam sehingga hasilnya permanen.

Cetak Digital

Teknik cetak yang dikenal sebagai digital printing ini dilakukan secara digital menggunakan komputer. Proses cetak teknik ini tidak membutuhkan bidang acuan cetak.

5 Tinta untuk Cetak Produk Grafika

Berikut jenis-jenis tinta untuk cetak produk grafika:

Pigment (Durabrite)

Digunakan untuk mencetak karya grafika berupa tulisan atau gambar dengan teknik digital printing. Hasil cetaknya sangat tajam, pekat, dan tahan air. Media yang digunakan antara lain, kertas HVS, inkjet paper, ataupun photo paper.

Baca juga: Hayo Udah Tau? Mengenal Perbedaan Printer Inkjet dan Laser

Dye Base

Jenis tinta yang terbuat dari air dan colourant ini biasa digunakan untuk mencetak karya grafika di kertas HVS, glossy paper, inkjet paper, canvas, PVC ID Card, dan lain sebagainya. Sayangnya, tinta ini tidak bisa digunakan untuk media art paper.

Solvent dan Eco Solvent

Tinta solvent tahan air dan sinar matahari sehingga cocok digunakan untuk mencetak karya grafika berupa banner, spanduk, billboard, neonbox, dan outdoor printing lainnya. Sedangkan tinta eco solvent lebih cocok untuk karya grafika indoor printing karena tidak tahan sinar matahari.

Sublimation Ink

Merupakan tinta yang banyak digunakan pada printer infus. Jenis tinta cocok untuk produk grafika yang menggunakan teknik cetak sablon, seperti kaos, mug, atau media sablon lainnya.

Tinta Textile DTG

Tinta textile DTG atau Direct To Garment merupakan tinta yang digunakan untuk cetak karya grafika berupa sablon kaos dengan teknik digital printing. Hasil cetakan dari tinta ini tajam, bagus, dan tidak mudah luntur.

Demikian informasi tentang teknik dan jenis-jenis tinta untuk cetak produk grafika yang paling banyak digunakan dalam industri grafika. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version