Ingin Bisnis Anda Cepat Cuan? Pelajari Cara-Cara Promosi Ini

Mempromosikan produk bisnis adalah cara paling jitu dalam menumpuk pundi-pundi keuntungan. Di zaman sekarang bisnis akan sulit berjalan jika tidak diperkenalkan pada masyarakat. Bisa-bisa bisnis Anda tergerus oleh pelaku bisnis baru yang gencar melakukan promosi.

Dalam hal promosi, jasa lebih sulit bersaing daripada barang. Jika bidang bisnis yang Anda jalani adalah jasa, jangan khawatir! Di sini Anda akan belajar berbagai cara mempromosikan produk bisnis yang mudah dicoba.

Promosi Tanpa Biaya

Bagi pemula, promosi jenis ini bisa dipilih. Keuntungan tanpa biaya itu memastikan Anda tidak mengalami banyak pengeluaran jika promosi ternyata gagal. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Memanfaatkan Media Sosial

Metode promosi yang paling sering dilakukan di zaman sekarang adalah melalui media sosial. Saat ini, hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan media sosial. Bahkan, menurut data statistik, Indonesia menempati peringkat kedua setelah Amerika dalam hal penggunaan media sosial.

Media sosial yang sering digunakan untuk promosi adalah Instagram. Platform tersebut memang mendukung fungsi promosi bisnis. Salah satu fitur yang pelacakan  berapa banyak orang yang melihat konten Anda. Story Instagram dapat dikirimkan ke beberapa platform sekaligus. Selain Instagram, Anda juga bisa melakukan promosi tanpa biaya di Facebook dan Twitter. Jika ada waktu, unggahlah video tentang bisnis Anda ke YouTube.

Baca juga: Sudah Tau? Ini Jenis Media Promosi Cetak Untuk Bisnis Anda

Mengirim Pesan

Apakah Anda sering mendapatkan pesan singkat melalui WhatsApp atau surel? Jika ya, Anda perlu menyimpan dan menirunya. Mengirim pesan adalah salah satu promosi yang bisa dicontoh. Dengan mengirim pesan, pelanggan akan kembali teringat dengan bisnis Anda. Mereka bisa segera menggunakan jasa kreatif Anda jika dibutuhkan. Melalui pemberitahuan promo, Anda bisa melakukan closing lebih cepat dan maksimal.

Untuk mendapatkan nomor atau alamat surel, Anda perlu menawarkan sesuatu yang bisa dinikmati pelanggan. Jika Anda membuka bisnis laundry, buatlah sebuah tutorial tentang cara membersihkan kotoran membandel. Lalu, mintalah calon pelanggan untuk mengirimkan nomor atau surel mereka agar bisa mengakses tutorial itu.

Mulut ke Mulut

Metode ini tergolong sangat tradisional tetapi cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Metode ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki kecakapan teknologi dan lebih suka bersosialisasi langsung. Lakukan promosi pada tetangga atau orangtua siswa saat pertemuan. Jika jasa Anda memuaskan, mereka tidak bisa menjadi pelanggan setia, lho.

Promosi Berbayar

Cara mempromosikan produk bisnis satu ini bisa dijalankan jika bisnis Anda memiliki modal besar atau sudah berkembang. Hasil yang didapatkan juga sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Berikut cara-caranya.

Iklan

Siapa bilang hanya perusahaan besar saja yang bisa membayar iklan? Bisnis kecil juga bisa. Dengan adanya Instagram, Facebook, dan Google, Anda bisa memasang iklan bisnis Anda dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Kita tahu bahwa ketiga platform itu memiliki basis pengguna yang besar. Dengan angka itu, bisa dipastikan iklan Anda menjangkau lebih banyak orang. Jika pandai memainkannya, Anda bisa meraup keuntungan empat kali lipat dari harga yang dikeluarkan.

Buat akun Facebook Business dan Google Ads. Akun Facebook Business juga menangani iklan di Instagram. Buatlah konten menarik yang sesuai untuk ketiga platform tersebut. Selesai. Anda tinggal menunggu pesanan baru berdatangan.

Memberikan Diskon

Jika Anda memiliki masalah dengan penjualan, cobalah memberikan diskon. Diskon akan menarik pelanggan untuk menggunakan jasa Anda. Ini juga bisa menjadi cara jitu untuk mendapatkan pelanggan baru. Ada beberapa model diskon yang bisa dicoba. Ada diskon cashback, diskon potongan harga, diskon di waktu tertentu, dan diskon untuk total pembelian tertentu. Anda juga bisa memberikan kupon gratis setelah beberapa kali melakukan pembelian.

Baca juga: Berbagai Macam Kegunaan Voucher Untuk Promosi

Publisitas

Jika bisnis Anda sudah cukup besar, tidak ada salahnya untuk memiliki situs web sendiri. Buatlah sebuah situs web berbayar untuk memublikasikan bisnis Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau meminta seorang profesional. Setelah situs dibuat, siapkan berbagai konten yang menggambarkan bisnis Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau mempekerjakan seorang admin. Selain mengisi situs tersebut tentang bisnis, Anda bisa membuat artikel seputar bidang yang sedang digeluti. Situs tersebut juga bisa menjadi tempat menangani isu atau cerita kurang baik terkait bisnis Anda. 

Untuk menangani kasus yang bisa merugikan bisnis, Anda bisa membuat konten klarifikasi isu tersebut dan menerbitkannya di situs. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan call center yang bisa dihubungi kapan pun. Fungsinya adalah memudahkan pelanggan Anda mengklarifikasi isu tersebut. Itulah seluruh metode yang bisa dicoba untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Apakah Anda sudah memahami seluruh metode tersebut?

Setelah membaca artikel ini, kira-kira metode apa yang paling cocok untuk diterapkan pada bisnis Anda? Jika belum yakin, Anda bisa mencoba metode tanpa biaya terlebih dahulu. Selain menghemat biaya, Anda bisa menyisihkan keuntungan yang didapat dari metode tersebut untuk merambah ke cara mempromosikan produk bisnis yang berbayar.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Exit mobile version