Simak! Ini Peluang Bisnis Kartu Undangan Pernikahan!

Undangan fisik akan selalu diminati orang yang memiliki hajat seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, atau sekedar syukuran. Walaupun media sosial bisa dimanfaatkan untuk menyebar undangan, undangan fisik lebih banyak dipilih karena dianggap lebih sopan. Karena itu, bisnis kartu undangan pernikahan tidak akan pernah sepi pelanggan.  Nah untuk bisnis ini kamu mungkin penasaran modal awal, omset yang bisa diraih, dan jenis printer apa yang dipilih, serta informasi lain tentang usaha ini. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, simak artikel di bawah ini.

Modal Awal

Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk usaha kartu undangan adalah:

Komputer

Sebaiknya gunakan komputer bukan laptop karena aplikasi editing cukup rumit. Harga komputer berkisar antara satu hingga lima juta. Sesuaikan jenis komputer yang akan kamu beli dengan budget yang tersedia.

Printer

Sama halnya dengan komputer, kamu bisa mendapatkan satu unit printer dengan harga satu juta. Bahkan, beberapa printer juga masih dipatok di harga kurang dari satu juta. Namun sebaiknya utamakan kualitas karena printer yang bagus akan menghasilkan kualitas yang jauh lebih baik.

Kertas Untuk Kartu Undangan

Kertas akan menjadi biaya tetap karena itu, sebaiknya cari supplier kertas yang murah, lengkap, dan berkualitas. Jenis kertas undangan cukup beragam. Sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Kertas yang umum digunakan adalah kertas art cartoon atau mate paper.

Mesin Cetak Undangan

Untuk bisnis dengan skala lebih besar dan jenis atau model undangan lebih rumit, kamu akan membutuhkan mesin cetak undangan. Mesin cetak undangan ini umumnya seharga enam juta rupiah dan bahkan lebih.

Omzet Bisnis Undangan Pernikahan

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini lumayan besar. Karena itu, saat kamu terjun ke dunia percetakan undangan, kamu sudah harus siap dengan kemungkinan banyaknya pesaing. Secara umum, pebisnis cetak kartu undangan pernikahan mendapatkan laba sekitar 15-25% dari jumlah pesanan yang diterima.

Namun jika kamu bisa mengerjakan seluruh proses percetakan mulai dari awal hingga akhir, kamu pasti bisa meraup keuntungan lebih besar. Hal ini dikarenakan cukup banyak bisnis jasa cetak undangan memilih rekanan untuk memproduksi kartu undangan. 

5 Jenis Printer

Buat para pemula, berikut adalah beberapa rekomendasi printer yang cukup murah tapi sangat cocok buat memulai usaha percetakan undangan pernikahan.

1. Printer Canon Pixma IP2770/IP2772

Rekomendasi pertama adalah Printer Canon Pixma IP2770. Jenis printer ini sangat umum digunakan bisnis percetakan skala rumahan. Kecepatan printer Canon ini juga cukup cepat. Selain itu, harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar enam ratusan ribu rupiah. 

2. Printer EPSON ME340

Rekomendasi kami berikutnya adalah printer EPSON ME340 dengan harga di pasaran sekitar satu juta rupiah. Printer ini bisa digunakan untuk kertar art paper dan sejenisnya. Jika pelanggan kamu meminta jasa cetak undangan dengan foto pengantin, printer ini nggak akan mengecewakan. EPSON ME340 juga sudah dilengkapi dengan fitur copy and scan.

3. Printer Epson L360

Printer lain yang cukup tahan lama dan tangguh buat bisnis kartu undangan pernikahan adalah Epson seri L360. Keunggulan dari printer ini adalah tinta bisa diganti menjadi tinta art paper yang tidak mudah luntur dan cocok untuk jenis kertas undangan. Kamu pun juga sudah mendapatkan fungsi scan dan fotocopy. Harga Epson L360 cukup terjangkau yakni Rp800,000.00.

4. Canon Pixma MP237

Selain Canon Pixma IP2770, printer Canon lainnya yang bisa kamu pilih adalah tipe MP237. Walaupun beberapa orang mengatakan bahwa tipe ini kurang awet, tapi bagi pemula tipe ini sangat cocok karena perawatan printer ini cukup mudah dan sederhana. Jika rusak pun, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Harga Canon Pixma MP237 yaitu sekitar Rp800,000.00.

5. HP Deskjet 1010

Harga printer tipe ini sangat murah yaitu sekitar empat ratus ribu rupiah. Namun untuk mencetak undangan berwarna cukup bisa diandalkan karena ketajaman warna cetakan sangat baik. Printer ini bisa digunakan pada komputer dengan OS mulai dari Windows XP, windows 7, Windows 10 hingga windows 11.

Langkah Awal Memulai Bisnis Kartu Undangan Pernikahan

Ketika memulai bisnis ini, pastikan kamu tahu pentingnya kualitas dan kepuasan customer. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Pelajari Bentuk Undangan

Pastikan kamu sudah cukup tahu jenis-jenis undangan yang paling banyak diminati. Mulai dari lembaran sederhana dengan aksen emboss hingga yang paling mahal adalah hard cover dengan aksesoris menempel di tiap undangan.

Pelajari Teknik Desain

Terus tingkatkan skill editing agar mampu menghasilkan undangan yang unik, menarik, cantik, atau elegan. Karena pesaing di luar sana cukup banyak, kamu harus memiliki sesuatu yang berbeda dari mereka.

Tahu Jenis-Jenis Bahan

Pelajari berbagai jenis kertas yang paling umum digunakan untuk cetak undangan. Selain jenis, ukurannya pun juga beragam.

Promosi

Jangan bosan untuk terus melakukan promosi produk. Dengan promosi, lebih banyak orang akan mengenal jasa cetak undangan kamu. Dengan banyaknya media sosial saat ini, promosi jadi jauh lebih mudah dilakukan.

Itu tadi beberapa info penting buat kamu yang tertarik memulai bisnis kartu undangan pernikahan. Terus tingkatkan skill kamu, jangan berhenti melakukan promosi, dan jangan mudah menyerah ya. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version