Tips Desain Kemasan Produk Untuk Menangkan Persaingan

Sekarang ini kemasan produk tidak hanya sebagai wadah dan informasi rincian produk. Kini desain kemasan produk menjadi bagian penting dalam menunjukan identitas atau brand perusahaan. Kemasan produk menjadi bagian dalam mempengaruhi pelanggan. Melalui desain kemasan diharapkan dapat mengkomunikasikan produk dan menarik pelanggan saat memilih produk yang akan dibelinya.

Dengan menjadi bagian penting dalam branding perusahaan, akhirnya menempatkan desainer grafis pada pekerjaan ini. Mereka diminta untuk menunjukkan kreativitas dalam menciptakan desain grafis pada kemasan produk.

Tips Desain Kemasan Produk

Berikut merupakan beberapa tips untuk memenangkan persaingan pasar dengan membuat desain kemasan produk.

Merancang Kemasan Yang Fungsional

Akan lebih baik jika merancang bentuk kemasan yang fungsional, yaitu kemasan yang dapat digunakan lebih dari sekali dan juga bisa untuk keperluan lainnya. Sehingga setelah digunakan, tidak akan langsung dibuang begitu saja pelanggan.

Baca juga: Tips Desain Logo Perusahaan Yang Profesional Dan Keren

Menciptakan Beberapa Kemasan Khusus

Mengeluarkan beberapa edisi khusus secara terbatas yang terkait dengan apa yang sedang tren. Misalnya pada waktu Asian Games, mengeluarkan beberapa desain kemasan yang terkait dengan olahraga untuk menarik perhatian dari kalangan yang antusias dengan olahraga.

Inovasi Bentuk Kemasan Yang Lebih Menarik

Keluar dari aturan umum untuk inovasi menciptakan bentuk kemasan yang berbeda merupakan ide bagus. Yang terpenting adalah kemasan masih dapat digunakan dengan baik sebagaima mestinya. Hampir setiap produk memiliki ciri khas bentuk kemasan yang sudah ditetapkan. Dengan mengubah bentuk dan menciptakan kemasan yang inovatif, maka produk tidak akan pernah luput dari perhatian konsumen.

Bentuk Yang Sederhana Dan Tidak Rumit

Desain kemasan produk yang baik adalah memberikan informasi secara rinci mengenai produk, sehingga tidak perlu terlalu rumit. Akan lebih baik membuat konsep bentuk yang sederhana dan mudah dipahami oleh konsumen. Seringkali, desain sederhana lebih disukai dan memenangkan perhatian konsumen.

Fokus Pada Tipografi

Terlepas dari pemasaran produk melalui internet ataupun toko, keduanya harus terbaca jelas. Seni tipografi huruf menyatu dengan keseluruhan desain kemasan produk. Dengan begitu harus menempatkan hal yang penting saja dan menghilangkan teks yang berlebihan.

Baca juga: Keren Nih, Nih Jenis Font Untuk Desain Grafis Terbaik

Memposisikan Diri Sebagai Konsumen

Saat membuat desain kemasan, perlu berpikir dari sudut pandang konsumen juga sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Memperkirakan tentang apa yang diharapkan konsumen dari kemasan produk.

Misalnya pada kemasan biskuit, sebagai konsumen pasti tidak akan menghabiskan atau memakannya sekaligus, mungkin saja akan menyimpan dan menutupnya. Sehingga konsumen memilih produk yang kemasannya mudah ditutup.

Sebenarnya dengan kemasan produk yang kurang menarik pun bukan berarti akan menurunkan angka penjualan secara drastis. Namun akan lebih baik jika menciptakan desain kemasan produk yang menarik dan mengesankan, hal ini akan membuat produk terlihat lebih berkualitas dan sebagai bentuk strategi mengembangkan usaha.

Ditambah sebuah produk baru seringkali muncul setiap waktu dan ikut meramaikan pasar, membuat persaingan semakin banyak. Sehingga untuk menonjolkan produk, membutuhkan lebih dari sekedar kemasan. Ini membutuhkan desain kemasan produk yang bagus.

Exit mobile version